DMCA.com Protection Status

Friday, September 18, 2015

MAKALAH OSI LAYER

KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Kuasa atas segala rahmatnya , sehingga saya dapat menyelesaikan penyusunan makalah yang berjudul “ Reverensi Model OSI dan TCP/IP ”  dalam bentuk maupun isinya yang sangat sederhana. Makalah ini dibuat untuk memenuhi tugas Komunikasi Data. Semoga makalah ini dapat dipergunakan sebagai salah satu acuan, petunjuk maupun pedoman bagi pembaca.

Harapan saya semoga makalah ini membantu menambah pengetahuan dan pengalaman bagi para pembaca, sehingga saya dapat memperbaiki bentuk maupun isi makalah ini sehingga kedepannya dapat lebih baik.


Singaraja, 31 Agustus 2015




Putu Diva Indrawan







DAFTAR ISI




1.3. Tujuan




BAB I

PENDAHULUAN


    1. Latar Belakang


Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan kembali mengenai OSI LAYER. OSI Reference Model for open networking adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI sendiri merupakan singkatan dari Open System Interconnection. Model ini disebut juga dengan model "Model tujuh lapis OSI" (OSI seven layer model). Sebelum munculnya model referensi OSI, sistem jaringan komputer sangat tergantung kepada pemasok (vendor). OSI berupaya membentuk standar umum jaringan komputer untuk menunjang interoperatibilitas antar pemasok yang berbeda. Dalam suatu jaringan yang besar biasanya terdapat banyak protokol jaringan yang berbeda. Tidak adanya suatu protokol yang sama, membuat banyak perangkat tidak bisa saling berkomunikasi.










    1. Rumusan Masalah


  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan OSI LAYER!
  2. Gambarkan ke tujuh OSI LAYER berdasarkan tingkat!
  3. Jelaskan fungsi Physical Layer!
  4. Sebutkan perangkat-perangkat yg termasuk ke dalam OSI LAYER 2!
  5. Jelaskan fungsi Application Layer!
  6. Jelaskan karakteristik OSI LAYER dan TCP/IP!

    1. Tujuan


Dari rumusan masalah yang sudah di buat dapat di ketahui tujuan dari makalah ini :

  1. Kita dapat mengetahui apa itu OSI LAYER
  2. Gambaran ke tujuh OSI LAYER berdasarkan tingkatannya
  3. Fungsi dari Physical Layer
  4. Kita dapat mengetahui perangkat-perangkat yang termasuk ke dalam OSI LAYER
  5. Fungsi dari Application Layer
  6. Karakteristik dari OSI LAYER dan TCP/IP





BAB II

PEMBAHASAN

2.1. Pengertian OSI Layer

Layer OSI adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. OSI mempunyai sebuah kepanjangan yaitu Open System Inter Connection. OSI merupakan kumpulan layer-layer yang saling berkaitan satu sama lainnya, maksudnya adalah masing-masing layer sudah mempunyai tugas dan tanggung jawab masing-masing dan saling mengisi satu sama lain. Jika salah satu dari layer tersebut tidak dipergunakan berarti tidak akan terbentuk jaringan.

2.2. Gambaran Dari Ke Tujuh Osi Layer


C:\Users\Diva\Documents\OSI.bmp.jpg














2.3. Fungsi Physical Layer

Physical Layer : Berfungsi untuk mendefinisikan media transmisi jaringan, metode pensinyalan, sinkrinisasi bit, arsitektur jaringan, topologi jaringan dan pengkabelan. Adapun perangkat-perangkat yang dapat dihubungkan dengan physical layer adalah NIC (Network Interface Card) berikut dengan kabel-kabelnya.

2.4. Perangkat-Perangkat Yang Termasuk Ke Dalam Osi Layer 2


NO
NAMA PERANGKAT
GAMBAR
1.
Bridge

2.
Wifi Card

3.
Switch

4.
ISDN Router
Description: F:\ISDN.jpg
5.
Intelligent HUB

6.
NIC (Network Interface Card)

7.
Advanced Cable Tester






2.5. Fungsi Application Layer

Application Layer : Berfungsi sebagai antarmuka dengan aplikasi dengan fungsionalitas jaringan, mengatur bagaimana aplikasi dapat mengakses jaringan, dan kemudian membuat pesan-pesan kesalahan. Protokol yang berada dalam layer ini adalah HTTP, FTP, SMTP, dan NFS.

2.6. Karakteristik OSI Dan TCP/IP

  1. Karakteristik OSI Layer

Agar komunikasi data dapat berjalan dan berinteraksi melalui jaringan maka dikembanganlah model arsitektur jaringan dan salah satunya yang kita kenal yaitu Model referensi jaringan terbuka atau biasa disebut Model OSI (Open System Interconnected).
Model ini dikembangkan oleh badan ISO (International Organization for Standarization) tahun 1974 di Eropa dan kemudian baru diadopsi pada tahun 1977. Dibanding dengan model TCP/IP yang memiliki 5 layer model OSI memiliki layer sebanyak 7 buah :

Description: https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEhY_IMHfduTAz3La_SCAl877i8SOcYPi4PIEiFuozRXzUI3yuXTQaP7d8nBeeEjWQfXOTeRkGLOYy_dzImy-GdlZ_NDciILTG38iwY9JE15bHtPxNCMaNxgWWKkw6d_IMmlgy8fE9E0hEQ/s320/osi_model.png




Tiap layer memiliki fungsi berbeda dan bersifat independen. namun tiap layer menyediakan service ke layer diatasnya ataupun layer dibawahnya. Jadi,misalkan pada layer Transport tidak akan peduli bagaimana kerja layer lainnya namun layer Transport bergantung untuk mendapatkan service dari layer lainnya. Setiap layer memiliki PDU (Protokol Data Unit). Dan data akan mengalami proses enkapsulasi (misal, Information->Data; Data->Segment).


B. Karakteristik TCP/IP
Model referensi DARPA ini telah dikembangkan sebelum munculnya model OSI. Jadi ini adalah model pertama untuk memudahkan kita memahami konsep jaringan. Model ini dikembangkan oleh Departemen Pertahanan Amerika (DOD) akhir 1960-an. Model ini berbasis 5 layer, tetapi ada juga orang yang meringkas Data Link layer menjadi satu dengan Physical Layer dan dinamakan Network Interface Layer sehingga diringkas menjadi 4 layer.














BAB III

PENUTUP


3.1.KESIMPULAN

Layer OSI adalah sebuah model arsitektural jaringan yang dikembangkan oleh badan International Organization for Standardization (ISO) di Eropa pada tahun 1977. Dari ketujuh layer tersebut mempunyai 2 tingkatan layer, yaitu :
  1. Lower Layer, meliputi : Physical Layer, Data Link Layer, Network Layer dan Transport  
Layer.
  1. Upper Layer, meliputi : Session Layer, Presentation Layer dan Application Layer.
      


No comments:

Post a Comment